Makhluk Mitologi Menyeramkan Natal Dari Berbagai Penjuru Dunia - Bicara Berita

Bicara Berita

Sabtu, 23 Desember 2017

Makhluk Mitologi Menyeramkan Natal Dari Berbagai Penjuru Dunia


Bicara Berita, Internasional - Perayaan natal di seluruh belahan dunia selalu disambut dengan keceriaan dan suka cita. Natal identik dengan sosok tokoh Sinterklas atau biasa sebut Santa. Pria berbadan tambun berjanggut panjang ubanan serta memakai pakaian serba merah les putih ini terkenal dengan suara "Ho Ho Ho" dan merupakan ikon natal di seluruh penjuru dunia. Sinterklas diceritakan akan muncul pada saat malam natal dengan kereta rusanya berkeliling dunia untuk membagikan keceriaan serta hadiah kepada anak-anak.

Tetapi selain Sinterklas yang membawa keceriaan, ada juga makhluk-makhluk menyeramkan yang muncul saat perayaan natal dari berbagai penjuru dunia. Siapa sajakah mereka ini? 

 

1. La Befana

La Befana merupakan Penyihir Natal Italia. Tidak menakutkan sama sekali, tapi legenda tentang La Befana yang sangat aneh. Dia digambarkan sebagai wanita tua yang terbang dengan sapu dan membawa tas besar. Menurut cerita folklore lama, dia mengunjungi anak-anak di Epiphany Eve untuk menentukan apakah mereka nakal atau baik. Sama seperti Santa, jika anak-anak itu baik, dia memberi penghargaan kepada mereka dengan hadiah dan permen. Jika mereka nakal dia meninggalkan batu bara yang sangat pekat.


2. Grýla

Grýla adalah Ogre/Raksasa yang tinggal di pegunungan Islandia. Seperti Krampus, dia adalah monster yang muncul saat perayaan natal. Cerita tentang Grýla di Islandia berbeda-beda. Grýla menculik, membunuh anak-anak yang nakal dan memakannya. Di Islandia, dia terkenal sebagai ibu dari Yule Lads dan memiliki Yule Cat sebagai hewan peliharaan.


3. Yule Lads

Legenda Islandia lainnya adalah 13 troll Islandia, yang masing-masing memiliki nama dan kepribadian yang berbeda dikenal sebagai Yule Lads. Banyak cerita tentang Yule Lads ini, mulai dari pembunuh haus darah hingga kenakalan mereka. Awalnya ada 13 pemuda Yule yang akan melakukan perjalanan dari pegunungan tempat mereka tinggal bersama ibu mereka, Grýla, ke desa-desa. Mereka bergiliran mengunjungi anak-anak 13 hari sebelum Natal. Untuk setiap anak, Yule meninggalkan hadiah kecil untuk anak-anak yang baik atau kentang busuk untuk anak-anak nakal. Khusus bagi anak-anak nakal, setelah dikunjungi oleh Yule Lads, maka ibu mereka Grýla akan datang untuk menculik dan memakan anak-anak nakal ini.


4. Jólakötturinn

Kucing Natal Islandia ini berasal dari abad ke-19. Menurut legenda, Jólakötturinn adalah seekor kucing besar yang berkeliaran di jalanan sewaktu natal. Mereka yang tidak bisa membeli baju baru untuk natalan maka akan dimakan oleh kucing ini. Ada yang bilang ceritanya dibuat untuk membuat orang bekerja lebih keras disaat masa liburan natal.


5. Belsnickel

Makhluk yang menyeramkan ini berasal dari zaman pertengahan di Eropa. Dia adalah salah satu yang pertama memisahkan anak-anak yang baik dari yang nakal. Namun, dia mengizinkan anak-anak untuk memperbaiki sikap nakal mereka menjadi anak yang baik. Sepanjang tahun, si Belsnickel bertopeng akan meninggalkan permen di rumah anak-anak yang baik dan meninggalkan anak-anak nakal dengan sebuah tombol/saklar. Ceritanya bervariasi, dalam beberapa cerita, dia tidak akan meninggalkan apa-apa untuk anak-anak yang nakal, dalam cerita lain dia akan menculik mereka dan tidak pernah membiarkan mereka pulang atau membawa mereka ke hutan untuk menghukum mereka karena perilaku nakal mereka.


6. Frau Perchta

Wanita seram ini berkeliaran di pedesaan selama musim dingin dan memasuki rumah saat Natal. Menurut cerita rakyat Bavaria dan Austria. Jika sikap anak-anak baik, dia akan meninggalkan mereka dengan koin perak. Jika anak-anak bersikap tidak baik, maka dia akan membelah perutnya, mengeluarkan organ tubuh mereka dan menggantinya dengan sedotan.


7. Krampus

Krampus adalah salah satu mitos Natal yang terkenal. Krampus merupakan makhluk setengah kambing dan setengah iblis dari akar budaya Jerman dan merupakan sisi lain dari St. Nicholas (Sinterklas). Cerita tentang makhluk ini telah diangkat ke layar lebar dan juga serial TV. Menceritakan tentang makhluk besar bertanduk yang beraksi terbalik dengan Santa Claus. Makhluk ini menculik dan membunuh anak-anak nakal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar