Jadwal Kereta Bandara Soekarno-Hatta Mulai Beroperasi 26 Desember 2017 - Bicara Berita

Bicara Berita

Senin, 25 Desember 2017

Jadwal Kereta Bandara Soekarno-Hatta Mulai Beroperasi 26 Desember 2017


Bicara Berita
, Nasional -
Kereta Bandara Soetta (Soekarno-Hatta) resmi beroperasi mulai hari ini, Selasa, 26 Desember 2017. Di awal pengoperasian, PT Railink menawarkan tiket promo naik kereta bandara yaitu sebesar Rp 30 ribu per orang.

Edi Sukmoro Direktur Utama KAI mengungkapkan tiket promo ini berlaku dari tanggal 26 Desember 2017 sampai tanggal 1 Januari 2018. Setelah diresmikan Presiden Jokowi pada 2 Januari 2018 mendatang, harga tiket akan naik menjadi Rp 70 ribu per orang.

"KA Bandara Soetta (Soekarno-Hatta) sudah bisa digunakan oleh masyarakat umum sebagai uji coba berbayar mulai tanggal 26 desember 2017 sampai dengan 1 Januari 2018," pungkas Edi di Jakarta, Selasa (26/12/17).

Proyek pembangunan Kereta Bandara Soekarno Hatta itu sendiri melibatkan 3 pihak yaitu PT Kereta Api Indonesia (Persero),PT Angkasa Pura II (Persero), dan juga PT Railink. Kereta Api Bandara Soekarno- Hatta terdiri dari 10 rangkaian/ trainset dengan kapasitas 272 penumpang pada setiap trainsetnya.

Perlu diketahui bila pada tahap awal operasional PT Railink hanya melayani naik turun penumpang di 3 stasiun yakni, Stasiun Sudirman Baru (BNI City), Stasiun Batu Ceper, serta Stasiun Soekarno- Hatta.


"Untuk sementara waktu di tahap awal pengoperasian KA Bandara Soetta, masih belum melayani naik turun penumpang di Manggarai karena masih dalam proses pembangunan peron serta jalur KA Bandara oleh Satuan Kerja Proyek DDT DJKA Kemenhub," tambah Edi.

Pada awal operasional KA Bandara Soetta akan melayani 42 perjalanan pada pukul 03:40 s/d pukul 21:40 rute Sudirman Baru (BNI City) sampai Soekarno-Hatta.

Kemudian pukul 06:10 s/d pukul 23:10 rute Soekarno-Hatta sampai Sudirman Baru (BNI City). Setelah itu, high way KA Bandara Soetta akan diberangkatkan dari masing-masing stasiun setiap 1 jam sekali.

Pengoperasian seusai melewati ujicoba final untuk memastikan kesiapan dan kehandalan sarana, prasarana dari kereta Bandara Soetta (Soekarno-Hatta). Ujicoba ini sebagai tindaklanjut dari instruksi Menhub (Menteri Perhubungan) Budi Karya Sumadi, mengingat semula kereta Bandara Soekarno Hatta direncanakan akan beroperasi pada awal Desember 2017.

2 komentar: